Kasdana Kasdana

Syarat dan Ketentuan Layanan Aplikasi Kasdana

Syarat dan Ketentuan ini merupakan dibuat dengan itikad baik yang akan mengikat PT Gamatechno Indonesia sebagai pemilik, pengembang dan pengelola Kasdana dengan Anda sebagai Pengguna Layanan Kasdana (user). PT Gamatechno Indonesia dalam Syarat dan Ketentuan ini disebut sebagai “Kami”, dan Anda sebagai Pengguna Layanan Kasdana disebut sebagai “Anda”. Dengan mengakses dan/atau menggunakan Layanan yang terdapat dalam situs dan/atau Aplikasi Kasdana, Anda setuju bahwa telah membaca, memahami, menerima, dan menyetujui yang ada dalam Syarat dan ketentuan ini. Selanjutnya Syarat dan Ketentuan ini akan disebut dengan Ketentuan Layanan.

PT GAMATECHNO INDONESIA adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi dengan fokus bisnis pada penyediaan produk software dan hardware serta jasa konsultasi, pengembangan dan implementasi sistem di bidang akademik, pemerintahan dan korporat yang berkedudukan di Jalan Cik Di Tiro No. 34 Yogyakarta 55223. 

Bacalah dengan seksama Ketentuan Layanan di bawah ini sebelum Anda memberikan persetujuan. Jika Anda setuju, silakan berikan persetujuan dengan memberikan centang pada kolom yang telah Kami sediakan. Dengan demikian maka Anda menyatakan bahwa Anda setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan serta kebijakan mengenai perubahan atau perbaikan Syarat dan Ketentuan di kemudian hari.

 

1. DEFINISI
  1. Dukungan Teknis adalah bantuan yang diberikan oleh Kami atas adanya kendala teknis yang terjadi pada Aplikasi Kasdana namun tidak terbatas seperti tidak dapat diakses layanan, gagal melakukan penarikan dana atau kendala sejenis. 
  2. Kasdana adalah solusi berbasis cloud yang memudahkan pemilik usaha / enterprise dalam mengelola tagihan (invoice) kepada pelanggan secara online. Tagihan - tagihan pembayaran yang dapat dilakukan Kasdana dapat berupa tagihan pembayaran uang sekolah / kuliah, produk / aplikasi berlangganan, proyek pekerjaan, donasi, dan lain - lain. 
  3. Hari Kerja adalah hari kerja Nasional hari Senin hingga Jumat, tidak termasuk hari libur nasional yang ditetapkan pemerintah
  4. Hari Kalender adalah hari Senin sampai dengan Minggu.
  5. Planned downtime adalah kondisi server atau sistem sementara tidak tersedia untuk digunakan karena adanya pemeliharaan atau perbaikan.

 
2. HAK MILIK
Kami dan/atau pemegang lisensinya dan afiliasi-afiliasinya memiliki semua hak, kepemilikan dan kepentingan dalam dan terhadap Layanan, termasuk semua Hak Kekayaan Intelektual terkait dan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan di Indonesia.

3. KETERSEDIAAN LAYANAN

3.1.
Kami akan melakukan berbagai upaya agar Layanan tersedia setiap saat, dengan
Uptime layanan minimal 96% per bulan, kecuali dalam hal:

  1. Planned downtime, dimana akan ada pemberitahuan 8 jam sebelumnya serta sedapat mungkin akan diselenggarakan selama akhir pekan antara pukul 18.00-03.00 pada hari Sabtu-Minggu.
  2. Adanya keadaan di luar kendali yang wajar yang kemudian disebut dengan force majeure atau overmacht, seperti: bencana alam, kebakaran, gempa bumi, banjir, epidemik, perang, huru-hara, atau pemberlakuan atau perubahan peraturan perundang-undangan, pembatasan oleh pemerintah, kerusakan atau gangguan lain yang langsung berhubungan dengan Layanan.

3.2. Kami  akan melakukan berbagai upaya baik secara administratif, fisik dan teknis melindungi keamanan, kerahasiaan dan integritas data Anda.  Kami  tidak akan:

  1. memodifikasi data Anda.
  2. mengungkapkan data Anda tanpa adanya persetujuan tertulis dari Anda, dan hanya kecuali dipersyaratkan oleh hukum sesuai dengan klausul No. 11 Ketentuan Layanan ini.
  3. mengakses data Anda kecuali dalam rangka menjaga kelangsungan Layanan, mencegah terjadinya gangguan Layanan, atau atas permintaan Anda.

4. KETENTUAN LAYANAN

4.1. Berlangganan Layanan
Untuk menggunakan layanan Kasdana selama jangka waktu tertentu, Anda harus menyetujui syarat dan ketentuan ini.

4.2. Biaya Layanan
Anda akan dikenakan biaya sewa atas layanan aplikasi Kasdana disebutkan pada ayat 6.

4.3. Suspensi (Penghentian sementara) Layanan

Kami akan memberlakukan suspensi atas Layanan jika:
  1. Terdapat konten - konten yang mengandung SARA yang merugikan user / pengguna lainnya atau hal lain yang melanggar norma dan UU di Negara Kesatuan R.I. 
  2. Terdapat keterlambatan pembayaran biaya paket berlangganan.

5. KEWAJIBAN PENGGUNA LAYANAN


Anda sebagai pengguna layanan berkewajiban dalam hal sebagai berikut:

5.1.
Bertanggung jawab terhadap kebenaran data yang Anda tuliskan dalam Formulir Pendaftaran Layanan.

5.2. Bertanggung jawab terhadap data Anda yang diberikan dalam Penggunaan Layanan tidak mengandung materi apa pun yang melanggar hukum, melecehkan, mengancam, berbahaya, menyakitkan, memfitnah, kasar, kekerasan, pornografi, vulgar, mengganggu privasi orang lain, kebencian, rasial atau menyinggung etnis, atau yang bersifat tidak pantas.

5.3. Bertanggung jawab terhadap akun pribadi dan berupaya untuk mencegah akses atau penggunaan Layanan yang tidak sah dan tidak memberitahukan kepada Pihak Ketiga dan memberitahukan kepada Kami  segera apabila terdapat akses atau penggunaan Layanan yang tidak sah.

5.4. Menggunakan Layanan sesuai dengan Panduan, aturan dan Hukum yang berlaku.

5.5. Tidak melakukan tindakan ilegal yang akan dijelaskan lebih lanjut pada ketentuan No. 6 Ketentuan Layanan ini.

5.6. Tidak menjual, mereproduksi, menyalin, membuat duplikat, atau memanfaatkan untuk tujuan komersial bagian dari layanan, penggunaan layanan, atau akses ke layanan.

5.7. Anda diwajibkan untuk bertindak sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di berbagai yurisdiksi, dan Anda wajib untuk melakukan pencegahan terhadap tindak pidana pencucian uang, pembiayaan kegiatan terorisme dan kegiatan pembiayaan terhadap seseorang atau suatu badan hukum yang dapat dikenakan sanksi.

5.8. Anda menyatakan dan menjamin bahwa dana yang dipergunakan dalam rangka transaksi di Kasdana adalah biaya-biaya yang bersumber dari sumber yang sah dan bukan merupakan dana yang berasal dari tindakan-tindakan yang merupakan pencucian uang pendanaan kegiatan terorisme, perjudian, dan tindakan-tindakan lainnya yang merupakan pelanggaran peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia atau merupakan pelanggaran atas kepentingan pihak manapun.

5.9. Anda menyatakan dan menjamin bahwa seluruh akses, penggunaan dan pemanfaatan yang Anda lakukan atas Kasdana dilakukan secara sah, dengan itikad baik, dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

6. BIAYA – BIAYA LAYANAN 

 

6.1. Biaya per Transaksi
Ini adalah biaya atas setiap tagihan yang berhasil dibayar oleh pelanggan Anda melalui metode pembayaran Virtual Account, kartu kredit dan Alfamart yang disediakan aplikasi Kasdana.  Kami mengenakan biaya transaksi sebagai berikut:

 

# Metode Pembayaran Biaya
1 Virtual Account (Mandiri, Permata, CIMB Niaga, BRI dan BSI) Rp 6.000,-
2 Kartu Kredit 2,8% + Rp 4.775,-
3 Alfamart Rp 7.000,-

Biaya tersebut dipotong otomatis saat settlement.

6.2. Biaya Transfer Antar Bank untuk Penarikan Dana
Anda akan dikenakan biaya transfer antar bank sebesar Rp 6.500,- (enam ribu lima ratus rupiah) setiap transfer penarikan dana. Biaya tersebut dipotong otomatis dari dana yang Kami kirimkan kepada Anda. Nominal biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan dari bank.


7. LAYANAN
SETTLEMENT 

7.1.
Layanan
Settlement adalah proses dimana  Kami  meneruskan dan/atau mengirimkan dana ke saldo akun Kasdana Anda dari tagihan – tagihan yang telah dibayar oleh pelanggan Anda.

7.2. Proses Settlement tersebut akan dilakukan berdasarkan permintaan dari Anda dengan ketentuan:
  1. Anda mengajukan Settlement melalui aplikasi Kasdana;
  2. Pembayaran hari ini dengan batas waktu jam 23:00 dapat diajukan Settlement sesuai dengan jadwal berikut:
# Metode Pembayaran Jadwal
1 Virtual Account (Mandiri, Permata, CIMB Niaga dan  BRI) H+1 (hari kerja)
2 Virtual Account BSI H+2 (hari kerja)
3 Kartu Kredit H+3 (hari kerja)
4 Alfamart H+5 (hari kerja)


7.3. Anda dapat mengetahui dana yang telah berhasil masuk ke saldo akun Kasdana Anda, melalui sistem Aplikasi Kasdana.

7.4. Kami menyatakan dan menjamin bahwa  Kami  semata-mata hanya melakukan layanan
settlement atas Dana yang secara sah dimiliki oleh Anda dan  Kami  tidak memiliki hak apapun terhadap Dana, yang oleh karenanya Dana tersebut tidak akan termasuk ke dalam bagian dari aset Kami apabila terdapat kepailitan dan/atau likuidasi.

7.5. Keterlambatan proses
settlement dapat terjadi apabila:
  1. terjadi gangguan pada sistem perbankan yang mengakibatkan proses settlement mengalami keterlambatan; 
  2. ditemukan adanya indikasi kecurangan atau penipuan atas tagihan yang dibayar sehingga diperlukan tindakan investigasi terlebih dahulu;
  3. Kesalahan sistem operasional  Kami.
 
8. LAYANAN PENARIKAN DANA

8.1.
Anda dapat melakukan penarikan dana menggunakan fitur yang terdapat di dalam aplikasi Kasdana, dengan cara memasukkan rekening bank
default penarikan dana.

8.2. Penarikan dana memerlukan konfirmasi berupa OTP yang akan dikirim melalui email yang dicantumkan dalam penggunaan aplikasi Kasdana.

8.3. Kami tidak bertanggung jawab apabila penarikan dana dilakukan oleh pihak yang tidak berwenang menggunakan mekanisme normal (memasukkan kode OTP).
 
9. PERINGATAN TINDAKAN ILEGAL

9.1. Tindakan Ilegal
. Anda sebagai Pengguna Layanan tidak diizinkan untuk melakukan tindakan seperti berikut:
  1. Berupaya untuk mendapatkan akses Layanan atau sistem terkait dengan cara yang tidak sah, melakukan rekayasa balik (reverse engineering), membongkar atau berusaha menemukan Source Code Layanan atau membuat hasil kerja turunan dari Layanan.
  2. Upload, download, posting, email, mengirimkan, menyimpan atau menyediakan materi apa pun yang melanggar hukum, melecehkan, mengancam, berbahaya, menyakitkan, memfitnah, kasar, kekerasan, pornografi, vulgar, mengganggu privasi orang lain, kebencian, rasial atau menyinggung etnis, atau yang bersifat tidak pantas.
  3. Menggunakan layanan untuk menyimpan atau mengirimkan kode yang berbahaya yang dapat mengganggu atau mengacaukan integritas atau kinerja dari Layanan atau data pihak lain yang terkandung di dalamnya.
  4. Mengganggu atau mengacaukan Layanan (termasuk mengakses Layanan melalui sarana otomatis apapun, seperti script atau crawler Web), atau server atau jaringan yang terhubung dengan Layanan, atau kebijakan, persyaratan atau peraturan jaringan yang terhubung dengan Layanan (termasuk yang akses yang tidak sah, penggunaan atau pemantauan data atau lalu lintas).

9.2. Biaya Pelanggaran
. Dalam hal terjadi pelanggaran oleh Anda dan/atau klaim Pihak Ketiga akibat dari pelanggaran Anda , maka Anda setuju membayar pembela, mengganti kerugian  Kami, afiliasi, anak perusahaan, direktur, petugas, karyawan, agen, mitra, kontraktor, dan pemberi lisensinya dari setiap klaim atau permintaan biaya yang wajar untuk proses hukum yang berlaku, termasuk Pengacara dan biaya lain yang telah  Kami  keluarkan berkaitan dengan pelanggaran yang Anda lakukan.

 

10. PUSAT BANTUAN KASDANA DAN DUKUNGAN TEKNIS

Jika Anda menemui kendala atau gangguan terkait dengan penggunaan layanan Kasdana, maka Anda dapat menyampaikan masalah tersebut kepada  Kami  melalui pusat bantuan Kasdana berikut:

10.1. Hotline Pusat Bantuan:
  1. Email: [email protected]
  2. WhatsApp: 0274566161

10.2. Jam operasional:

  1. Senin - Jumat: 08.00-18.00 (tidak termasuk hari libur Nasional dan cuti bersama, kecuali jika ada kondisi darurat)

Sehubungan dengan penyelesaian masalah dalam sistem, Kasdana menerapkan Service Level Agreement (SLA) untuk pengguna. SLA menentukan durasi penyelesaian masalah. Berikut adalah rincian prioritas dalam SLA Kasdana:

 

No

Tipe

Definisi

SLA

1

Kritis

Masalah atau gangguan yang menyebabkan layanan tidak dapat digunakan sepenuhnya.

Waktu Penyelesaian dalam  3 jam - 1 hari kerja

2

Tinggi

Masalah yang mempengaruhi fungsi operasional namun masih memungkinkan penggunaan layanan secara umum.

Waktu Penyelesaian dalam  6 Jam - 1 hari kerja

3

Sedang

Masalah yang memerlukan perhatian, tetapi tidak menghentikan fungsi operasional.

Waktu Penyelesaian dalam  1-2 hari kerja

4

Rendah

Permintaan atau masalah yang tidak mendesak dan tidak memiliki dampak serius pada operasional.

Waktu Penyelesaian dalam 1-3 hari kerja

 

11. JAMINAN & GARANSI

11.1. Jaminan Layanan
.  Kami memberikan informasi layanan yang sebenar-benarnya, jelas dan jujur mengenai kondisi jaminan barang dan/atau jasa serta penjelasan penggunaan layanan, pemeliharaan, maintenance serta melayani Anda secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.  Kami  juga menjamin tidak akan mengirimkan kode yang berbahaya pada Anda atas operasionalnya layanan ini. Semua fasilitas yang digunakan untuk menyimpan dan memproses data pelanggan akan mematuhi standar keamanan yang wajar. 

11.2.
Disclaimer.  Kami akan menggunakan keterampilan secara wajar dan penuh kehati-hatian dalam penyediaan layanan. Kami  tidak menjamin bahwa layanan akan bebas dari gangguan atau kesalahan. Dan setiap kesalahan atau cacat dalam layanan yang disediakan kepada Anda yang merupakan bagian dari layanan akan diperbaiki.

11.3. Ganti Rugi
. Jika terjadi permasalahan, sengketa dan/atau tuntutan yang disebabkan oleh bagian dari layanan, maka  Kami  akan memberikan kompensasi ganti rugi tidak melebihi dari sejumlah biaya layanan yang telah dibayarkan konsumen selama setahun terakhir.
 
12. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB

Kami , afiliasi, anak perusahaan, direktur, petugas, karyawan, agen, mitra, kontraktor, dan pemberi lisensinya dalam keadaan apapun tidak bertanggung jawab dan/atau memberikan jaminan dan/atau ganti rugi jika terjadi kerugian dan kerusakan pada Penggunaan Layanan Anda yang bersifat kelalaian, ekonomis, insidental, tidak langsung, konsekuensi yang terjadi karena adanya hal seperti berikut:

12.1. Ketidakmampuan Anda dalam Penggunaan Layanan.

12.2. Kesalahan Anda dalam melakukan input data yang salah.

12.3. Adanya akses yang tidak sah yang menyebabkan tidak bekerjanya Layanan di luar jangkauan  Kami.

12.4. Apabila Anda melakukan instalasi atau mengaktifkan Aplikasi Lain atas permintaan sendiri untuk digunakan bersama-sama dengan Layanan, Kami  tidak bertanggung jawab atas modifikasi, pengungkapan dan/atau penghapusan Data Anda akibat penggunaan Aplikasi Lain tersebut di Layanan. Kami akan bertanggung jawab sebatas penggunaan Aplikasi Lain tersebut berdasarkan rekomendasi dari Kami untuk kepentingan mendukung Layanan.

12.5. Tindakan atau akses tidak sah yang dilakukan oleh Pihak Ketiga yang tidak diberikan Lisensi dari Kami.
 
13. MASA BERLAKU KETENTUAN

13.1. Tanggal Efektif
. Ketentuan Layanan Kasdana berlaku dimulai pada tanggal saat Anda telah melakukan registrasi akun dan disertai dengan persetujuan Ketentuan Layanan ini dan akan berlaku selama masa berlangganan. 
 
13.2. Pemutusan. Pemutusan perjanjian ini dapat dilakukan dengan persetujuan para pihak secara tertulis, dengan terlebih dahulu mengajukan permohonan pemutusan perjanjian, disertai dengan alasan pemutusan kerjasama oleh pihak yang menghendaki pemutusan kerjasama minimal 14 (empat belas hari) sebelum waktu pemutusan perjanjian yang dikehendaki. Segala akibat dan konsekuensi yang menyertai pemutusan ini akan disepakati secara tertulis.

14. KETENTUAN PENGAKHIRAN atau PENGHENTIAN LAYANAN

14.1. Pengakhiran oleh Anda
. Untuk mengakhiri Akun, Anda dapat menghubungi Kami untuk melakukan permintaan pengakhiran akun.

14.2. Pengakhiran oleh Kami.
Kami  dalam keadaan tertentu dengan pemberitahuan terlebih dulu kepada Anda, dapat segera mengakhiri atau memberhentikan sementara seluruh atau sebagian Akun Anda dan/atau akses ke Layanan. Penyebab dari pengakhiran tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Adanya pelanggaran Perjanjian ini atau kebijakan atau ketentuan lain yang disebutkan disini yang berkaitan dengan penggunaan Layanan
  2. Permintaan dari Anda untuk membatalkan atau mengakhiri Akun-nya
  3. Adanya tindakan ilegal yang dilakukan oleh Anda seperti yang dijelaskan pada Ketentuan ayat 9.
  4. Permintaan dan/atau perintah dari penegakan hukum, badan hukum, atau instansi pemerintah lainnya dikarenakan alasan yang rasional
  5. Akun Anda tidak aktif selama masa free trial
  6. Terdapat penghentian atau modifikasi atas Layanan atau bagian daripadanya (Under Construction)
 
14.3. Akibat Pengakhiran. Setelah pengakhiran Akun Anda, akan berlaku ketentuan sebagai berikut:
  1. Anda akan kehilangan seluruh akses ke Layanan dan setiap bagian daripadanya, termasuk dalam ini adalah ID dan Konten. Selain itu, setelah 6 (enam) bulan, Kami  akan menghapus informasi dan data yang tersimpan di dalamnya atau sebagai bagian dari akun Anda.
  2. Setiap pengakhiran atau penghentian baik yang bersifat sementara dan/atau selamanya yang dilakukan karena permintaan Anda, maka  Kami  tidak bertanggung jawab kepada Anda atau pihak ketiga lain atas kerusakan yang akan mungkin terjadi atau timbul dari pengakhiran atau penghentian sementara atas akun Anda tersebut dan/atau akses ke Layanan.
14.4. Back up Data Anda. Kami akan memberikan pemberitahuan kepada Anda berupa pilihan untuk memback-up data sebelum akun Anda benar-benar dihapuskan. Back up Data dilakukan maksimal 30 (tiga puluh) hari setelah tanggal efektif pemutusan. Setelah itu Kami  tidak bertanggung jawab untuk mempertahankan Data Anda. Kami  akan menghapus semua Data Anda dalam sistem, kecuali ada larangan oleh hukum.
 
14.5. Pengajuan Keberatan. Anda dapat mengajukan keberatan berkaitan dengan pemutusan atau penghentian yang dilakukan oleh Kami  maksimal 30 (tiga puluh) hari setelah adanya pemberitahuan dari Kami, melebihi ketentuan waktu tersebut Kami n tidak menerima pengajuan keberatan terkait.
 
15. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Ketentuan Layanan ini tunduk pada ketentuan perundang-undangan Republik Indonesia dan/atau peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah dan/atau instansi-instansi milik Pemerintah yang terkait dan berlaku baik mengenai peraturan perpajakan, ketenagakerjaan serta peraturan terkait lainnya yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Cara penyelesaian perselisihan atau sengketa antara para pihak dalam Ketentuan Layanan ini akan dilakukan dengan cara musyawarah, arbitrasi, mediasi, konsiliasi atau pengadilan yang berwenang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


16. KETENTUAN LAIN

16.1.
Ketentuan Layanan ini dibuat dengan tidak ada satu pihak pun dapat mengalihkan hak atau kewajibannya kepada Pihak lain tanpa persetujuan tertulis terlebih dulu.

16.2.
Ketentuan Layanan ini dapat dimodifikasi oleh Kami  sewaktu-waktu dan akan diberitahukan kepada Anda melalui berbagai media informasi yang tersedia. Apabila dalam hal Anda tidak setuju dengan Modifikasi Ketentuan Layanan yang dimaksud, Anda dapat menghentikan Penggunaan Layanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan terus menggunakan Layanan setelah adanya Modifikasi akan dianggap bahwa Anda setuju terhadap Ketentuan Penggunaan yang baru.

16.3.
Kelalaian, kegagalan dan/atau keterlambatan dalam pemenuhan prestasi oleh salah satu pihak dalam menjalankan Ketentuan menurut Ketentuan Layanan ini dapat mengakibatkan Pembatalan perjanjian, kecuali telah mendapatkan pengampunan atau persetujuan dari pihak lainnya tersebut.

16.4.
Apabila ada ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini yang atau menjadi tidak berlaku atau tidak sah dan /atau tidak dapat dilaksanakan, maka ketentuan-ketentuan lain  akan tetap berlaku penuh dan mengikat Para Pihak, dan Para Pihak akan menegosiasikan dengan itikad baik untuk menyepakati suatu ketentuan pengganti yang sedapat mungkin memberikan efek keberlakuan yang sesuai dengan hukum dan maksud semula Para Pihak.


Demikian Ketentuan Layanan ini dibuat dan dengan pernyataan setuju dari Anda maka segala ketentuan yang tercantum dalam Ketentuan Layanan ini telah dibaca dan dimengerti oleh Anda dengan penuh kesadaran, tanpa adanya paksaan dan bujukan.